Home »Unlabelled » silabus hadis kls 2 MU genap
Senin, 12 November 2012
silabus hadis kls 2 MU genap
Do you like this story?
SILABUS
MATA PELAJARAN : Hadis
KELAS : Dua
SEMESTER : Genap
UNIT PENDIDIKAN : Madrasatul ‘Ulya PP. Miftahul Mubtadi’in Krempyang
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
NO | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR | METODE | REFERENSI |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1 | Memberi nafkah pada keluarga | 1. Memahami dan menjelaskan hadis ukuran nafkah atas keluarga diukur dengan kemampuan. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang n Memahami dan menjelaskan hadis tentang afkah yang telah diberikanmerupakan di nilai amal sedekah oleh allah tentang | 1. Ukuran nafkah atas keluarga diukur dengan kemampuan. 2. Nafkah yang telah diberikanmerupakan di nilai amal sedekah oleh allah | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang ukuran nafkah atas keluarga diukur dengan kemampuan. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang nafkah yang telah diberikan merupakan di nilai amal sedekah oleh allah | | Kitab Hadis Riaddlussholihin dan kitab-kitan penunjang lainnya. |
2 | Mengelurkan ingfak dari sesuatu yang terbaik | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang bahwa abu tholkah adalah sebagai dermawan. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang harta yang membawa untung adalah harta yang telah didermakan | 1. Mengenal abu tholkah sebagai dermawan. 2. Harta yang membawa untung adalah harta yang telah didermakan. | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang Abu tholkah adalah sebagai dermawan. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang harta yang membawa untung adalah harta yang telah didermakan | | |
3 | Perintah berbuat baik pada tetangga. | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang hak tetangga. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang keagungan sedekah pada tetangga | 1. Mengetahui hak tetangga. 2. Keagungan sedekah pada tetangga. | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang hak tetangga. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang Keagungan sedekah pada tetangga. | | |
4 | Berbakti kepada kedua orang tua dan silahturrahim | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang berbakti kepada kedua orang tua merupakan amal utama. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang ancaman bagi orang yang memutuskan tali persaudaraan. 3. Memahami dan menjelaskan hadis tentang balasan bagi orang selalu menyambung tali persaudaraan | 1. Berbakti kepada kedua orang tua merupakan amal utama. 2. Ancaman bagi orang yang memutuskan tali persaudaraan. 3. Balasan bagi orang selalu menyambung tali persaudaraan | 1, Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang berbakti kepada kedua orang tua merupakan amal utama. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang ancaman bagi orang yang memutuskan tali persaudaraan. 3. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang balasan bagi orang selalu menyambung tali persaudaraan | | |
4 | Larangan durhaka pada kedua orang tua. | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang Ancaman bagi orang yang durhaka kepada kedua orang tua. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang berani kepada kedua orang tua termasuk dosa besar | 1. Ancaman bagi orang yang durhaka kepada kedua orang tua. 2. Berani kepada kedua orang tua termasuk dosa besar | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang ancaman bagi orang yang durhaka kepada kedua orang tua. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang Berani kepada kedua orang tua termasuk dosa besar | | |
6 | Berbuat baik kepada kerabat keluarga. | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang balasan bagi seseorang yang telah berbuat baik pada kerabat keluarga 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang cara memulyakan kapada kerabat keluarga | 1. Balasan bagi seseorang yang telah berbuat baik pada kerabat keluarga 2. Cara memulyakan kapada kerabat keluarga | 1 Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang.balasan bagi seseorang yang telah berbuat baik pada kerabat keluarga 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang Cara memulyakan kapada kerabat keluarga | | |
7 | Memulyakan ulama’ dan orang-orang yang mempunyai kedudukan tinggi. | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang balasan seseorang yang memulyakan ulama’ 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang cara memulyakan ulama’ | 1. Balasan seseorang yang memulyakan ulama’ 2. Cara memulyakan ulama’ | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang balasan seseorang yang memulyakan ulama’ 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang cara memulyakan ulama’ | | |
8 | Bergaul dengan orang-orang yang soleh, berkunjung dan mendoakan pada mereka, serta mengunjungi tempat-tempat yang utama. | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang gambaran orang soleh dan orang yang jelek. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang nilai seseorang tergantung pada siapa ia berteman. 3. Memahami dan menjelaskan hadis tentang arwah selalu mengelompok pada arwah yang sesuai atau cocok pada arwah tersebut. | 1. Gambaran orang soleh dan orang yang jelek. 2. Nilai seseorang tergantung pada siapa ia berteman. 3. Arwah selalu mengelompok pada arwah yang sesuai atau cocok pada arwah tersebut. | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang gambaran orang soleh dan orang yang jelek. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang 3. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang nilai seseorang tergantung pada siapa ia berteman. 3. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang arwah selalu mengelompok pada arwah yang sesuai atau cocok pada arwah tersebut | | |
9 | Cinta karena allah | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang balasan orang yang cinta karena allah. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang anda-tanda cinta karena allah | 1. Balasan orang yang cinta karena allah. 2. Tanda-tanda cinta karena allah. | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang balasan orang yang cinta karena allah. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang tanda-tanda cinta karena allah | | |
10 | Larangan menyakitkan orang soleh dan orang-orang lemah. | Memahami dan menjelaskan hadis tentang ancaman menyakitkan orang-orang saleh atau orang yang lemah | Ancaman menyakitkan orang-orang saleh atau orang yang lemah. | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang ancaman menyakitkan orang-orang saleh atau orang yang lemah | | |
11 | Manusiaa hanya dapat member hokum dari segi dlohir, sedang allah akan member hokum dari sisi batin. | Memahami dan menjelaskan hadis tentang menerapkan hukum dlohir dan batin | Menerapkan hokum dlohir dan batin | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang menerapkan hukum dlohir dan batin | | |
12 | Khouf | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang devinisi khauf 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan khauf. | 1. Devinisi khauf 2. Keutamaan khauf. | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang devinisi khauf 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan khauf | | |
13 | Raja’ | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang Devinisi raja’ 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang eutamaan raja’ | 1. Devinisi raja’ 2. Keutamaan raja’ | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentangvinisi raja’ 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang dKeutamaan raja’ | | |
14 | Keutamaan menangis dan rindu karena allah | Memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan menangis dan rindu karena allah | Keutamaan menangis dan rindu karena allah | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan menangis dan rindu karena allah | | |
15 | Keutamaan zuhud meminimal hal duniawi serta keutamaan kan fakir. | Memahami dan menjelaskan hadis tentang.eutamaan zuhud , meminimakanl hal duniawi serta keutamaan fakir | Keutamaan zuhud meminimalkan hal duniawi serta keutamaan fakir | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan zuhud meminimalkan hal duniawi serta keutamaan fakir | | |
16 | Keutaman qonaah, iffah, sederhana dalam ekonomi dan nafakah, serta mencela mengemis dengan tanpa dlarurat | Memahami dan menjelaskan hadis tentang keutaman qonaah, iffah, sederhana dalam ekonomi dan nafakah, serta mencela mengemis dengan tanpa dlarurat | Keutaman qonaah, iffah, sedehana dalam ekonomi dan nafakah, serta mencela mengemis dengan tanpa dlarurat | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang keutaman qonaah, iffah, sederhana dalam ekonomi dan nafakah, serta mencela mengemis dengan tanpa dlarurat | | |
17 | Larangan kikir. | Memahami dan menjelaskan hadis tentang arangan kikir | Larangan kikir | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang larangan kikir | | |
18 | Istar | Memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan memprioritaskan orang lain dalam hal duniawi | Keutamaan memprioritaskan orang lain dalam hal duniawi | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan memprioritaskan orang lain dalam hal duniawi | | |
19 | Berlomba-lomba dalam urusan akirat | Memahami dan menjelaskan hadis tentang berlomba-lomba dalam urusan akirat | Berlomba-lomba dalam urusan akirat | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang berlomba-lomba dalam urusan akirat | | |
20 | Keutamaan orang kaya yang bersukur | Memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan orang kaya yang bersukur | Keutamaan orang kaya yang bersukur | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan orang kaya yang bersukur | | |
21 | Ingat kematian dan tidak mengandai-andai | Memahami dan menjelaskan hadis tentang ingat kematian dan tidak mengandai-andai | Ingat kematian dan tidak mengandai-andai | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang ingat kematian dan tidak mengandai-andai | | |
22 | Kesunahan ziyarah kubur bagi laki-laki, mekruh bagi perempuan | Memahami dan menjelaskan hadis tentang kesunahan ziarah kubur bagi laki-laki, makruh bagi perempuan . | Kesunahan ziyarah kubur bagi laki-laki, mekruh bagi perempuan | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang kesunahan ziyarah kubur bagi laki-laki, mekruh bagi perempuan | | |
23 | Keutamaan wira’i dan meninggakan syubhat. | Memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan wira’i dan meninggakan syubhat | Keutamaan wira’i dan meninggakan syubhat | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan wira’i dan meninggakan syubhat | | |
24 | Kesunahan uzlah ketika telah tmbul banyak kerusakan manusia dan zaman, takut fitnah dalam agama, terjerumus dalm haram, syubhat dan lainnya. | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan uzlah 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang kezuhadan Nabi Muhammad. | 1. Keutamaan uzlah 2. Kezuhadan Nabi Muhammad. | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang keutamaan uzlah Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang kezuhadan Nabi Muhammad | | |
25 | Keutaman bermasyarat, mendatangi mereka,mendatangi kebaikan,majlis ilmu, menjenguk orang sakit, menghormat jenazah, bertahat dalam penderitaan | Memahami dan menjelaskan hadis tentang berbaur dengan masarakat merupakan kebaikan | Berbaur dengan masarakat merupakan kebaikan | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang berbaur dengan masarakat merupakan kebaikan | | |
26 | Tawadlu’ dan rendah diri pada sesama muslim. | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang Rasulullah SAW diperintah agar berlaku tawadlu’. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang contoh-contoh perilaku tawadlu’ | 1. Rasulullah SAW diperintah agar berlaku tawadlu’. 2. Contoh-contoh perilaku tawadlu’ | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang Rasulullah SAW diperintah agar berlaku tawadlu’. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang contah-contoh perilaku tawadlu’ | | |
27 | Haramnya takabur dan ujub. | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang orang yang takabur tidak akan masuk surga. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang orang yang takabur tidak akan diperhatikan Allah | 1. Orang yang takabur tidak akan masuk surga. 2. Orang yang takabur tidak akan diperhatikan Allah | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang orang yang takabur tidak akan masuk surga. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang orang yang takabur tidak akan diperhatikan Allah | | |
28 | Baik budi pakerti | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang Nabi SAW adalah sosok terbaik budipakertinya. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang Kebaikan adalah baiknya budipekerti. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang amal yang mayoritas menyebabkan masuk surga adalah bagusnya budipakerti. | 1. Nabi SAW adalah sosok terbaik budipakertinya. 2. Kebaikan adalah baiknya budipekerti. 3. Amal yang mayoritas menyebabkan masuk surga adalah bagusnya budipakerti. | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang Nabi SAW adalah sosok terbaik budipakertinya. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang kebaikan adalah baiknya budipekerti. 3. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang amal yang mayoritas menyebabkan masuk surga adalah bagusnya budipakerti. | | |
29 | Santun dan berbuat halus pada sesama | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang santun adalah budipakerti yang dicintai Allah. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang mempermudah urusan | 1. Santun adalah budipakerti yang dicintai Allah. 2. Mempermudah urusan. | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang santun adalah budipakerti yang dicintai Allah. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang mempermudah urusan | | |
30 | Menberi ma’af dan berpaling dari orang-orangbodoh. | Memahami dan menjelaskan hadis tentang karakter orang yang kuat menurut agama. | Karakter orang yang kuat menurut agama. | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang karakter orang yang kuat menurut agama | | |
31 | Marah ketika aturan Allah dirusak dan menolong agama Allah. | Memahami dan menjelaskan hadis tentang marah ketika aturan Allah dirusak dan menolong agama Allah. | Marah ketika aturan Allah dirusak dan menolong agama Allah. | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang marah ketika aturan Allah dirusak dan menolong agama Allah. | | |
32 | Memahami dan menjelaskan hadis tentang taat pada pemerintah dan taat pada mereka | Memahami dan menjelaskan hadis tentang taat kepada pejabat pemerintah dan member nasihat pada mereka | Taat pada pejabat pemerintah dan member nasihat pada mereka | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang taat pada pejabat pemerintah dan member nasihat pada mereka | | |
33 | Penguasa yang adil | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang penguasa yang adil kelak dihara kiama akan mendapatkan perlindungan Allah. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang Keharusan taat dalamkebaikan serta haramnya taat dalam maksiat | 1. Penguasa yang adil kelak dihara kiama akan mendapatkan perlindungan Allah. 2. Keharusan taat dalamkebaikan serta haramnya taat dalam maksiat | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang penguasa yang adil kelak dihara kiama akan mendapatkan perlindungan Allah. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang keharusan taat dalamkebaikan serta haramnya taat dalam maksiat | | |
34 | Larangan meminta menjadipemimpin | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang larangan meminta menjadi pemimpin. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang jabatan adalah amanah | 1. Larangan meminta menjadi pemimpin. 2. Jabatan adalah amanah | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang larangan meminta menjadi pemimpin. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang jabatan adalah amanah | | |
35 | Perintah kepada penguasa untuk mengangkat pejabat yang baik. | Memahami dan menjelaskan hadis tentang penguasa menjadi baik apabila pejabat bawahannya juga baik. | Penguasa menjadi baik apabila pejabat bawahannya juga baik. | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang penguasa menjadi baik aik apabila pejabat bawahannya juga baik. | | |
36 | Kitab Adab Anjuran mempunyai sikap malu | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang malu dapat deterapkan bila membawa kebaikan. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang malu adalah sebagiandari iman | 1. Malu dapat deterapkan bila membawa kebaikan. 2. Malu adalah sebagiandari iman | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang malu dapat deterapkan bila membawa kebaikan. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang malu adalah sebagiandari iman | | |
37 | Menjaga rahasia | Memahami dan menjelaskan hadis tentang larangan membuka rahasia | Larangan membuka rahasia. | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang larangan membuka rahasia. | | |
38 | Mempertahankan tradisi yang telah baik | Memahami dan menjelaskan hadis tentang larangan plin plan | Larangan plin-plan. | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang larangan plin plan | | |
39 | Baik ucapan dan berwajah ceri ketika bertemu orang lain | Memahami dan menjelaskan hadis tentang ucapan yang baik dan wajah ceria adalah sedekah | Ucapan yang Baik dan wajah ceria adalah sedekah | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang baik dan wajah ceria adalah sedekah | | |
40 | Memulyakan tamu | Memahami dan menjelaskan hadis tentang memulyakan tamu termasuk tanda dari iman | Memulyakan tamu termasuk tanda dari iman | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang memulyakan tamu termasuk tanda dari iman | | |
41 | Istikharah dan musyawarah | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang istikharah adalah sunah Rasul. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentang tidak terjadi penyesalan bagi orang yang bermusyawarah | 1. Istikharah adalah sunah Rasul. 2. Tidak terjadi penyesalan bagi orang yang bermusyawarah | Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang istikharah adalah sunah Rasul. Tidak terjadi penyesalan | | |
42 | Etika makan | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang perintah membacabasmallah. 2. Memahami dan menjelaskan hadis tentanglarangan mencela makanan. 3. Memahami dan menjelaskan hadis tentang perintah mengambil makanan yang dekat. 4. Memahami dan menjelaskan hadis tentang memulai mengabil makanan dari tepi terlebih dahulu. 5. Memahami dan menjelaskan hadis tentang larangan makan sambil terlentang/tiduran. 6. Memahami dan menjelaskan hadis tentang kesunahan makan dengan tiga jari. 7. Memahami dan menjelaskan hadis tentang mencari teman untuk diajak makan bersama. | 1. Perintah membacabasmallah. 2. Larangan mencela makanan. 3. Mengambil makanan yang dekat. 4. Memulai mengabil makanan dari tepi terlebih dahulu. 5. Larangan makan sambil terlentang/tiduran. 6. Kesunahan makan dengan tiga jari. 7. Mencari teman untuk diajak makan bersama. | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang perintah membacabasmallah. 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang larangan mencela makanan. 3. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang mengambil makanan yang dekat. 4. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang mengabil makanan dari tepi terlebih dahulu. 5. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang larangan makan sambil terlentang/tiduran. 6. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentqng kesununahan makan dengan tiga jari. 7. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang mencari teman untuk diajak makan bersama. | | |
| Makruh meniyup pada minuman. | 1. Memahami dan menjelaskan hadis tentang Larangan meniup pada minuman. 2 .Memahami dan menjelaskan hadis tentang Rasulullah SAW diperintah agar berlaku tawadlu’. 3. Memahami dan menjelaskan hadis tentang contah-contoh perilaku tawadlu’ | 1. Larangan meniup pada minuman. 2. Rasulullah SAW diperintah agar berlaku tawadlu’. 3. Cotah-contoh perilaku tawadlu’ | 1. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang larangan meniup pada minuman 2. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang Rasulullah SAW diperintah agar berlaku tawadlu’. 3. Siswa mampu memahami dan menjelaskan hadis tentang contoh-contoh perilaku tawadlu’ | | |
s
This post was written by: Franklin Manuel
Franklin Manuel is a professional blogger, web designer and front end web developer. Follow him on Twitter
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 Responses to “silabus hadis kls 2 MU genap”
Posting Komentar